Apa itu OSI LAYER ? OSI LAYER atau Open System Interconnection adalah standar agar alat komunikasi dapat saling ber komunikasi yan...

Open System Interconnection

Oktober 19, 2018 Unknown 0 Comments


Apa itu OSI LAYER ?

OSI LAYER atau Open System Interconnection adalah standar agar alat komunikasi dapat saling ber komunikasi yang diterapkan di dalam jaringan computer yang  menggambarkan cara informasi dari suatu software aplikasi di sebuah komputer berpindah melewati sebuah media jaringan ke suatu software aplikasi di komputer yang lain.OSI LAYER  memiliki 7 lapisan yaitu Aplication Layer, Presentation Layer, Session layer,Transport layer,Network layer,Data-link layer,dan Physical layer.
Model OSI di ciptakan oleh International Organization for Standardization yang menyediakan kerangka logika terstruktur cara komunikasi data itu bisa berinteraksi dengan menggunakan suatu jaringan.

Mengapa OSI LAYER penting ?

Karena OSI LAYER membuat peralatan si penjual yang berbeda beda macamnya itu dapat saling bekerja sama atau dapat saling terhubung satu sama lain dan agar si penjual tidak mengalami kerumitan yang tinggi.dan juga memudahkan pelatihan network guna mampu merancang dan membangun jaringan intranet dan internet dimulai dari instalasi, pengkablean hingga pembuatan dan pengelola-an PC router yang pada akhirnya peserta akan dapat melakukan maintenance terhadap jaringan komputer.

Kapan dan bagaimana proses penciptaan OSI Layer ?

Pembentukan paket dimulai dari layer teratas model OSI yaitu Application Layer.
Aplication layer mengirimkan data ke presentation layer yang mana  data ditambahkan header dan tailer kemudian dikirim ke layer dibawahnya dan terus demikian sampai ke Layer terakhir atau physical layer.Di physical layer data dikirimkan melalui media transmisi ke host tujuan. Di host tujuan paket data mengalir dengan arah sebaliknya, dari Physical layer ke Application Layer yang dinamakan peer-layer communication. Protokol pada physical layer di host tujuan mengambil paket data dari media transmisi kemudian mengirimkannya ke data link layer serta memeriksa header yang ditambahkan host pengirim pada paket tadi,jika host adalah yang dituju oleh paket tersebut maka paket akan dikirimkan ke network layer jika tidak akan di buang, proses ini terus berlanjut sampai ke application layer.

Jelaskan cara kerja OSI Layer berdasarkan soal cerita dibawah ini.

        User A akan mengirim email ke user B, jelaskan cara komunikasi kedua belah pihak dengan menggunakan referensi OSI Layer.

Yang pertama pada tahap application layer Si  User A harus punya program aplikasi e mail contohnya Gmail.
Pada tahap presentation layer, email si A  dibuat list atau dipilih-pilih email tersebut  kebeberapa pendefenisian jenis atau dipecah pecah kedalam beberapa paket .
Setelah itu masuk ke Tahap session layer yang hanya mengetahui lama penkonversian email tersebut.
Kemudian Data tadi  masuk ke Tahap transport layer sebelumnya paketnya itu sebelumnya si user A tadi ditentukan dulu berapa ukuran paketnya.
Setelah itu masuk ke Tahap Network Layer yang mana alamatnya untuk si user B dan mencari jalur terbaik atau tercepat dalam pengirimnya.
Kemudian ke Tahap Data link layer dibuatlah sebuah frame yang mana ditahap ini membuat alamat si user B dan pernyataan sebuah paket tadi atau email tadi untuk bisa diterima si User B
Lalu ke Tahap Phsycal Layer yang mana email si user A tadi sudah terkirim ke user B dan dite
Dan untuk Penerimaan email tadi Pada Tahap physical layer di host itu mengambil paket email tadu dari media transmisi kemudian mengirimkannya ke data link layer dan proses ini terus berlanjut sampai ke application layer.


PLAGIARISM SCAN REPORT


0 komentar: